Tips Liburan Asik di Pulau Tidung

Banyak sekali cara orang menghabiskan waktu liburannya. Ada yang berlibur ke tempat wisata, gunung, pantai dan masih banyak lagi. Dan berlibur di pantai merupakan salah satu yang sedang menjadi favorit beberapa tahun belakangan ini. Apalagi setelah banyak sekali artikel tentang berlibur di Pulau Seribu.

Pulau Tidung. Salah satu destinasi wisata pantai terbaik yang dimiliki Ibukota ini memang sedang populer dalam beberapa tahun belakangan ini. Ini tentu semakin membuat minat masyarakat semakin tinggi. Banyak sekali masyarakat yang berkunjung ke Pulau Tidung baik pribadi maupun dengan menggunakan paket wisata.

Cukup banyak fasilitas liburan yang ditawarkan oleh Pulau Tidung. Mulai dari pantai pasir putih, penginapan murah, penyewaan sepedaa, snorkling, banana boat dan masih banyak lagi. Akses menuju ke pulau yang terletak di Kepulauan Seribu ini pun juga fleksibel, bisa menggunakan kapal cepat bisa juga menumpang kapal kayu milik nelayan.

Perjalanan Menuju Pulau Tidung

Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menikmati suasana di Jembatan Cinta
Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menikmati suasana di Jembatan Cinta

Bagi anda yang baru pertama kali ingin mengunjungi Pulau Tidung, banyak sekali cara yang bisa anda gunakan. Yang pertama tentu anda harus berangkat menuju ke pelabuhan untuk menyebrang. Ada dua alternatif pelabuhan yang bisa anda gunakan untuk menyebrang, yaitu Pelabuhan Muara Angke dan Pelabuhan Marina, Ancol.

Untuk besaran budget yang anda harus keluarkan juga bervariasi, tergantung dari akses yang anda pilih. Pertama tentu anda bisa menggunakan Transjakarta dari tempat anda tinggal yang menghabiskan sekitar Rp. 4000. Lalu jika anda bisa turun di Halte Busway Pluit jika anda ingi menyebrang lewat Muara Angke.

Jika anda ingin menyebrang lewat Marina anda bisa turun di Halta Busway Ancol. Untuk biaya penyebrangan, via Angke menghabiskan sekitar Rp 50.000/perjalanan atau Rp 100.000 pulang-pergi. Sedangkan untuk Marina Ancol menghabiskan sekitar Rp 160.000/perjalanan atau Rp 320.000 pulang-pergi.

Perjalanan yang akan anda tempuh adalah sekitar 2-3 jam jika menggunakan kapal dari Muara Angke, sedangkan jika menggunakan kapal cepat dari Ancol, hanya membutuhan sekitar 30-45 menit.

Tips Berlibur dengan Nyaman di Pulau Tidung

Penginapan biasanya menyediakan sepeda untuk disewakan
Penginapan biasanya menyediakan sepeda untuk disewakan

Agar liburan anda di Pulau Tidung menjadi nyaman dan berkesan, ada baiknya mempersiapkan agenda apa saja yang akan anda lakukan. Karena jika tidak anda akan ketinggalan momen untuk bersenang-senang di Pulau Tidung. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk berangkat kesana:

  • Penginapan
    Harga per kamar di penginapan berkisar antara Rp 200.000 – Rp 400.000/malam per kamar dan dapat ditempati sekitar 4-8 orang. Cara terbaik agar Anda tidak nyasar saat mencari jalan pulang ke penginapan adalah dengan memfoto keadaan sekitar penginapan karena disana tidak menggunakan nama jalan.
  • Tempat Makan
    Tidak perlu bingung untuk mencari tempat makan disini karena banyak sekali warung di sepanjang menuju Jembatan Cinta dengan menu andalan yaitu Ikan Bakar.
  • ATM
    Disarankan anda untuk membawa uang cash lebih karena disini tidak ada ATM.
  • Wisata Air
    Untuk wisata air anda bisa menikmati indahnya bawah laut di Pulau Tidung dengan Snorkling ataupun seru-seruan bersama teman dengan menggunakan banana boat.
  • Waktu Terbaik
    Bulan April sampai Oktober adalah waktu terbaik untuk berkunjung. Cuaca cenderung cerah pada bulan-bulan ini. Di luar bulan-bulan ini, maka bersiaplah bertemu badai dari angin musim barat. Selain itu, sampah kiriman dari daratan Jakarta juga banyak mampir akibat angin musim barat. Bulan September dan Oktober juga bisa menjadi pilihan karena pada bulan-bulan ini, Anda bisa mendapatkan manisan cermai.